Monday, March 17, 2008

don't say NO to BROKUS

Moms...tau gak Brokus..?? Yes...its brownies kukus. Kue yang sebetulnya basic dari bolu kukus tapi trus jadi trend gara2 urang bandung tea...
nah story kali ini adalah....temen gw dadakan telpon..ada acara buat besok pagi dan dia gak tahu mau beli kue apa di pagi buta. Then dia bilang mau kue yang simpel tapi gak susah buatnya secara waktu dia tlp gw jawabnya sambil ngantuk...gw tawarin brokus dan dia setujuu..tapi pesannya itu loh,banyak bener.. : gak pasaran, gak manis, gak ribet bikinnya dan gak mahal!(yee...enak di lo gak enak di gw..hehe..) so...gw longok persediaan bahan yang ada...eng..ing.... gw mulai jam 10 malem...jrang-jreng-jam 11.30 selesailah sudah...kue simpen di kulkas dan siap hias besok pagi...itu urusan besok ajah....yang penting gw bisa lanjutin leyeh2 lagi sampe pagi....buat yang mau ikutan bikin, gw share the recipe-nya..and semua bahan tambahan masih bisa di-modif sesuai selera dan keinginan....

BROKUS CHOCO AND ORANGE

Bahan A :
- 6 butir kuning telur
- 3 butir putih telur
- 1 sdt SP
- 90 gr gula pasir (boleh lebih kalo mania gula)
- 60 gr terigu
- 10 gr susu bubuk
- 25 gr coklat bubuk
- 2 sdt coklat pasta BF
- 80 gr butter, lelehkan
Bahan B :
- 6 butir kuning telur
- 3 butir putih telur
- 1 sdt SP
- 90 gr gula pasir
- 65 gr terigu
- 15 gr susu bubuk
- 1 sdt parutan kulit lemon
- 2 sdt Sunquick mandarin
- 80 gr butter, lelehkan
Pelapis :
150 gr white cooking chocolate, parut

Cara membuat (untuk bahan A & B) :
- Mix telur, SP dan gula dalam bowl mixer kecepatan maximal sampai putih & kental.
- Masukkan terigu dkk-nya, turunkan kecepatan mixer sambil terus aduk. Matikan mixer.
- Masukkan sisa bahan dan butter cair, aduk pelan dengan spatula sampai rata lalu tuang bahan A dulu ke dalam loyang kotak uk. 22 cm yang sudah dioles & dialas kertas, kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan selama 15 menit.
- Taburi bahan pelapis sampai rata lalu tuang bahan B ke atasnya dan kukus lagi selama 20 m.
- Angkat dan dinginkan. Siap untuk dihias.

Tips :
- Kerjakan bahan A & B bergantian supaya adonan yang belum dikukus tidak turun selama menunggu adonan lain matang.
- Untuk variasi bahan B, bisa diganti dengan stroberi, pandan, moca, blueberry ato pisang.
- Selalu bungkus tutupan dandang dengan serbet supaya uap air tidak netes ke adonan (bikin adonan jadi turun dan bergelombang).

No comments: