Saturday, May 10, 2008

Say YES to BOLGUL..............



Ginilah kalo akhir minggu gak jalan ke mana-mana. Soalnya kalo mau ke mal, dah bosen, itu2 aja..kalo gak PIM, PS atau Citos....
Bolgul yang paling atas itu hasil gw intip blog-nya Shinta (hehe..gw kira2 sendiri nih say resepnya), pas lagi ada lebihan nutrisari leci sachet...
Kalo bolgul yang satu lagi, gw kasih nama Black n White, bolunya coklat, trus dioles BC dan taburin keju parut di satu sisi, gulung dan jadi dehh.......gw tulisin resepnya ya, kali aja ada yang mau nyoba2 bikin...yakin aja,pasti jadi koq karena gampang banget...

BOLGUL LECI
(untuk loyang 26x32)

Bahan :
- 9 butir telur (buang 3 putihnya)
- 90 gr gula pasir
- 1/2 sdt SP (gw pake ryoto)
- 1 sachet leci powder (gw pake merk nutrisari)
- 75 gr terigu segi3
- 25 gr tepung maizena
- 100 gr butter/margarin (gw pake yang unsalted)

Filling :
- 200 ml Krim kental
- 1 sdt RAP
-
1 sachet leci powder

Caranya :
- Oles loyang dengan carlo lalu alasi dengan kertas roti. Sisihkan.
- Aduk dengan mixer telur, SP dan gula pasir sampai kental dan mengembang (gw pake speed 8)
- Masukkan leci powder, terigu & maizena sambil kecilkan kecepatan mixer.
- Matikan mixer lalu masukkan butter cair sambil aduk balik dengan spatula.
- Tuang ke loyang lalu masukkan ke oven panas 180 C selama 15 menit.
- Angkat dan dinginkan. Balik & siap diisi dengan filling.

Filling :
Mix semua bahan filling sampai mencapai tingkat hard peak yang diinginkan lalu langsung oles ke atas kue. Gulung pelan lalu simpan di kulkas 1-2 jam sebelum dipotong.


Sedikit tips aja nehh.....
- Gw panasin oven dulu api atas & bawah bersamaan mulai mix adonan bolu
- Cairin butter/margarinnya pake api kecil sekali supaya kadar airnya tidak menguap karena itu bisa bikin bolunya keras setelah matang.
- Adonan sama kalo untuk yang Black n White, gw cuma tambahin Rum bakar, Coklat pasta (jenis BF-keluaran wilton) sama coklat bubuk, juga pake BP yang Double acting.
- Tebal-tipisnya olesan filling & BC sesuai selera loh ya
- Kalo adonan udah masuk oven, api atasnya matiin ya boo supaya bagian atasnya gak jadi 'negro' nanti malah pecah kalo digulung..

(males ato gak PD bikin sendiri?pesen aja ke gw yuuukkkk.........)


No comments: