Thursday, July 16, 2009

KBB # 12 : CHEESE SOUFFLES

Tantangan yang ini seruu banget, tanya kenapa? hehehe, bahasa iklan banget....waktu terima surcin udah mau pergi liburan, trus bahan ada yang blom komplit, padahaaal dari dulu pengen banget bisa bikin ginian (terutama yang versi dingin, asiik kayaknya liat makanan yang bisa munjung gini) jadi ya pulang libur baru bisa dikerjain, itu juga teteup dengan bahan yang gak komplit,maaaf ya bu host, udah maximal neh usahanya.....

ini sebagian dari step-stepnya yaaa......gak kefoto detail soalnya bolak balik liat resep di kompi sama konsen ngaduk di kompor...

ini kocokan putih telur dicampur supaya 'lemes'

ini proses masak butter, tepung & susu


ini ya resep aslinya :

Cheese Souffles

Sumber: The Perfect Cookbook by David Herbert. Penguin Books Australia Ltd 2003.

Ingredients/Bahan-bahan:
  • 100g unsalted butter / mentega tawar

  • ½ cup plain (all-purpose) flour / tepung terigu

  • 300ml milk / susu (aku agak lebih karena adonannya kurang lembek...)

  • 1 cup grated cheddar / cheddar parut (dilebihin juga soalnya pada gila keju...)

  • 2 Tbs / sdM freshly grated parmesan / parmesan parut ( aku skip, lagi gak ada persediaannya)

  • ½ tsp Dijon mustard / mustard Dijon (aku ganti yang biasa,nih bahan susah banget yah nyarinya)

  • pinch / sejumput cayenne pepper (aku ganti cabe bubuk)

  • 4 eggs / telur, separated / pisahkan

Directions/Cara Pembuatan:
Preheat the oven to 190C (375F, Gas Mark 5). Grease and lightly flour six ½-cup-capacity souffle dishes.

Panaskan oven suhu 190C (375F, Gas Mark 5). Minyaki/olesi mentega dan taburkan tepung loyang souffle dengan kapasitas ½ cup sebanyak 6 buah.

(cara aku : pake paper cup yang gede soalnya males ngoles loyang, dasarnya kan udah ada lapisan kayak lilin jadi udah yakin adonan pasti gak bakalan lengket,hehehe....)

Melt butter in a small saucepan over low heat. Add the flour and cook, stirring constantly, for 1 minute. Gradually add the milk and whisk continuously over medium heat until the mixture is smooth, thickens and comes to the boil. Allow to cool for 5 minutes.

Lelehkan mentega di panci kecil dengan api kecil. Tambahkan tepung lalu masak sambil diaduk-aduk selama 1 menit. Tambahkan susu sedikit demi sedikit dan whisk terus menerus dengan api sedang hingga adonan lembut, mengental dan mendidih. Biarkan dingin sejenak selama 5 menit.

Transfer the mixture to a bowl and stir in the cheddar, parmesan, mustard and cayenne pepper. Mix well.

Pindahkan adonan ke dalam mangkuk dan masukkan keju cheddar, parmesan, mustard dan cayenne pepper. Aduk rata.

(cara aku : pindahin adonan ke mangkok lain sambil aduk2 supaya cepet dingin trus bahan lain diumplekin semua jadi satu baru diaduk, rada barbar dikit...)

Lightly beat the egg yolks and add these to the cheese mixture. Mix well.
Kocok ringan kuning telur dan masukkan ke dalam adonan keju. Aduk rata.

(gak ngerti maksudnya ringan apa, jadi cuma dikocok bentar pake garpu...)

With an electric mixer, whisk the egg whites in a clean bowl until firm peaks form. Fold a quarter of the whites through the cheese mixture to slacken it slightly, then gently fold through the remaining whites.

Kocok putih telur menggunakan electric mixer hingga mencapai firm peak. Masukkan seperempat adonan putih telur ke dalam adonan keju untuk sedikit 'melemaskan' adonan, lalu masukkan sisanya perlahan.

(cara aku : setengah kocokan putih telur dimasukin ke adonan pake spatula, aduk biar rata aja trus sisanya dimasukin semua sambil diaduk terus)

Spoon the mixture into the prepared dishes and bake for 20-25 minutes, or until risen and golden. Don't be tempted to open the oven until the souffles have risen. Serve immediately.

Sendokkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan lalu panggang selama 20-25 menit, atau hingga mengembang naik dan kecoklatan. Jangan tergoda untuk membuka oven sebelum souffles betul-betul sudah mengembang/naik. Hidangkan segera.

(cara aku : masukin adonannya cuma 3/4 aja, takut luber kayak tantangan yang dulu,hahaaha... itu juga diintip terus supaya gak lewat waktunya..)

Review-nyaaa :
  • Cara ngerjainnya sih gampang, tapi ngumpulin bahannya yang susah....
  • Adonannya cepet naik dan cepet turun juga, sampe jumpalitan waktu mau difoto..
  • Rasanya enyaak, padahal gak ada parmesannya...
Laporan selesai ya bu Host, mau nonton Michael Jackson dulu niih....

No comments: